Sosok ODHA Inspiratif

Apa yang akan kamu lakukan bila suatu hari kamu iseng tes HIV dan mendapati hasilnya positif? Ga sedikit orang yang jadi nyalahin diri sendiri dan jadi menarik diri dari pergaulan karena merasa hidupnya sudah tidak punya harapan lagi. Sebagian lagi malah ada yang sampe masuk ke fase depresi dan sulit menerima hidup. Sebenernya apakah menjadi ODHA sama artinya dengan kehancuran segala mimpi dan masa depan? Mari kita simak  kisah nyata ODHA berikut ini.

Namanya Gim Gim Sofyan (35). Pria yang akrab disapa Bogiem itu aktif  menjalani segudang aktivitasnya. Salah satunya adalah dengan memberikan pengetahuan terhadap masyarakat seputar HIV/AIDS melalui Rumah Cemara, organisasi berbasis komunitas yang fokus terhadap edukasi dan penanggulangan HIV/AIDS. Ia mengaku pernah terpuruk hingga ingin bunuh diri setelah mengetahui statusnya HIV positif.

“Setelah ketahuan positif, saya sempat berusaha bunuh diri.” Dia berusaha mengakhiri nyawanya dengan mencampur alkohol 70 persen dengan minuman lain lalu menggunakan beberapa jenis narkoba sekaligus.

“Disitu saya over dosis dan dirawat di rumah sakit. Waktu itu saya berharap mati, tapi kok enggak mati-mati”

Kepercayaan dirinya baru bangkit ketika bertemu sosok Ginan Koesmayadi yang juga ODHA dan bisa hidup lama meski sudah berstatus HIV positif sejak jauh hari. Pertemuan itu kemudian mengembalikan semangat hidup Bogiem dan membuatnya berusaha menjadi orang yang bermanfaat meski kini berstatus ODHA. Tekadnya pun terbukti, setelah ia menjadi salah satu pemain timnas Indonesia di ajang Homeless World Cup di Brasil beberapa tahun lalu. Bahkan pada 2015 ini ia menjadi pelatih timnas dan berhasil membawa Indonesia menempati peringkat 17 dunia.

Pada akhirnya, segala sesuatu yang terjadi pada kita ada alasan dan sebabnya. Terkadang Tuhan dan Semesta menitipkan pada kita, hal yang dianggap buruk oleh sebagian orang, tapi justru memberikan pengalaman yang luar biasa indah bagi kita. Kuncinya Cuma satu: gimana kita pintar-pintar ambil hikmah dari segala hal yang terjadi dalam hidup kita. Tetap semangat! Tidak ada seorang manusia atau satu hal pun yang berhak menghambat kita dari impian dan cita-cita kita.

Oleh: NQ (guebisa.org)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.