Tips Hidup Sehat bagi ODHA

Bukan hal yang mustahil bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA) untuk dapat terus hidup sehat. Mereka perlu ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Hal ini dikarenakan penyakit HIV/AIDS menyerang sistem imun, sehingga membuat penderitanya lebih rentan terkena penyakit. Apa saja tips sehat bagi ODHA? 

1Minum obat secara teratur

Rajin minum obat sesuai anjuran dan dosis adalah hal terpenting yang harus dijalani oleh ODHA. Obat antriretroviraladalah jenis obat yang wajib dikonsumsi oleh penderita HIV. Pengobatan ini dilakukan secara teratur untuk menekan jumlah virus HIV agar kekebalan tubuh dapat tetap terjaga. Selain itu, kepatuhan minum obat juga sangat penting untuk menghindari resistensi obat. 

2. Pola makan sehat

Mengonsumsi makanan yang seimbang dan kaya nutrisi dapat meningkatkan kekebalan tubuh ODHA, meringankan gejala penyakit, dan mencegah terjadinya komplikasi HIV. Umumnya, ODHA mengalami penurunan berat badan yang cepat dan drastis. Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung protein, karbohidrat, serat, lemak baik, vitamin, serta mineral dalam jumlah yang cukup untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan setiap hari.

3. Rutin olahraga

Selain dapat meningkatkan kebugaran, olahraga juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Banyak jenis olahraga yang bisa dipilih ODHA, antara lain bersepeda, jogging, jalan santai, dan lain-lain. Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis dan durasi olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan penderita.

4. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Dua kebiasaan yang kurang baik ini dapat menjadi pencetus gangguan kesehatan lainnya pada ODHA. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), masalah jantung, hingga kanker paru. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihanakan membuat sistem kekebalan tubuh bisa menjadi semakin lemah, organ hati menjadi rusak, dan efek ketergantungan jangka panjang.

5. Menjaga kebersihan diri

Sistem kekebalan tubuh yang menurun membuat ODHA harus lebih berhati-hati dalam menjaga tubuh agar tidak semakin rentan terhadap paparan kuman (virus, bakteri, jamur, parasit dan lain-lain). Untuk itulah, ODHA harus mendisiplinkan diri untuk menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan sesering mungkin dan menggunakan masker jika berinteraksi dengan orang yang sedang sakit.

6. Mengurangi stres

Menjadi ODHA memang tidak mudah. Selain rentan sakit, ODHA tak jarang juga mengalami tekanan hidup dan stres yang berat. Mengurangi stres adalahcara terpenting untuk menjaga pikiran dan fisik tetap sehat. Contoh aktivitas yang bisa dilakukan untuk menyalurkan stres adalah mengikuti kelas meditasi. Selain itu, penting bagi ODHA untuk memiliki support system yaitu teman, kerabat, atau komunitas yang dapat memberikan dukungan emosional. ODHA juga dapat mencari bantuan profesional seperti dokter atau psikolog jika dirasa perlu.

Meski positif HIV, bukan berarti ODHA tidak dapat menjalani hidup dengan sehat. Dengan kesehatan yang terjaga baik, niscaya ODHA dapat tetap produktif dan memiliki kualitas hidup yang baik. 


Oleh : dr. Alvin Sangkereng, Sp.PD, FINASIM

Dokter Spesialis Penyakit DalamSiloam Hospitals Makassar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.